Olympic Champion Of The World

Indonesia has a myriad of outstanding sons and daughters … So it could be the pride of Indonesia to become Olympic champion in the various world championships. Here are some :
1. International Chemistry Olympiad Champion
July 2010, Indonesia Chemistry Olympiad team won 1 gold, one silver and two bronze. International events held in Tokyo, Japan Tokyo was followed by 68 participating countries around the world. For silver and the bronze get Našira Alimatum each acquired Stephen Haniel and Agung Hartoko.
2. International Physics Olympiad Champion
At the International Physics Olympiad-41 in 2010 in Zagreb, Croatia. The team is led by an alumnus of the Hendra Kwee teams and won four gold medals. For this international event participated by 82 countries and a total of 376 student participants. Indonesia is the gold-winning high school students of St. Nikolaus Lokon Tomohon, North Sulawesi, Christian George Emor; students SMAK Sower Gading Serpong, Banten, David Giovanni; SMAN 12 Jakarta, Kevin Soedyatmiko; and high school students Pamekasan, Madura, Muhammad Sohibul Maromi. Meanwhile, one silver donated by SMAN 1, Yogyakarta, Ahmad Ataka Awwalur Rizqi. Surya Institute is a foundation which was founded as a place educative Yohanes Surya representative of Indonesia in the International Physics Olympiad. Even this time Physics Olympiad is a great achievement for Indonesia in the last year can only bring one gold, three silver and one bronze. But this time, Indonesia may take four gold.
3. 17th International Mathematics Competition (IMC) for University Students 2010
Mathematics competition, followed by 392 students from 40 countries. First prize was won by Albert Gunawan, students at the University of Gajah Mada in Yogyakarta, both achieved by Champion Tantrawan Made from GMU and the third winner Lois Pearl, Satria Stanza, Aaron Emmanuel, and two Certificates of honorable attention to Jehoshaphat Pangalela and Ahmad Court. international mathematics competition held at the American University in Bulgaria in the town of Blagoevgrad, Bulgaria on July 24 to 30, 2010. Indonesia sent seven students from the Albert Gunawan and Made Tantrawan (UGM), Ahmad Agung ahkam (IT Telkom Bandung), Jehoshaphat Eka P. Pangalela (ITB), Aaron Immanuel (Airlangga University), Lois Pearl (UI), Satria Stanza Pramayoga (ITS). Awarded the seventh. The seven students accompanied by Dr Siti Fatimah from UPI Bandung, Dr Hanni Garminia from ITB and Iskandar, Head of Section Directorate General of Higher Education Academic Achievement Kemdiknas Student Affairs.
4. Olympic Champion Junior High School Mathematics
Indonesian junior high school students won one gold, one silver medal and one bronze medal at the International Mathematics Competition or the International Mathematics Competition (IMC) in 2010 in Incheon, South Korea, July 25 to 29 2010.Peter Tirtowijoyo Young, a class VIII student Petra SMPK 1 Surabaya, East Java, won the gold medal, while Christa Lorenzia Soesanto, students of class VIII Tirta CPC Mertha Sower, DKI Jakarta, won the silver medal. Bronze medal was won by Gusnadi Wiyoga, students of class VIII, SMP Negeri 8 Yogyakarta Special Region. Indonesian team also won a bronze medal (2nd runner up) for the category of groups. Moreover, award medals(merit)achieved by ahmad widardi, VIII graders smp semarang central java universe.
There are plenty of Indonesian children’s achievements which we are proud of our nation … Prove that in fact Indonesia warehouse young scientists who can build Indonesia towards a better Indonesia.

Iklan

Interesting Facts Of Electronic Waste

  • Mobile and computer spending 3 percent of the gold and silver mines on Planet Earth. In fact, the soil must be excavated tons of earth just to get one gram of gold.
  • Electronic waste generated most of the United States, China, and India. For the Southeast Asian region, Indonesia also produces a lot of electronic waste.
  • European citizens do not like each other electronically. Electronic trash in Europe more.
  • Countries that have electronic waste electronic waste are often confused. They find another country willing to accept their waste.
  • Institutions of the United Nations (UN) charged with overseeing the electronic waste on Planet Earth. Until electronic Planet Earth set out in the Basel agreement (Basel Convention). Countries on the Planet Earth, must comply with the Basel Convention in order to stay healthy planet Earth.

Electronic Magic Spell

Residents of the earth have been wearing a billion mobile phones. Every year, 150 million new cell phone purchased. The scientists warned that electronic waste should be reduced from now. To overcome the problem of electronic waste in the future, the inhabitants of the earth must wear an electronic magic spell. Electronic magic spell says Reduce, Reuse, Recycle. What is this powerful electronic magic spell?
1. Reduce
Reduce the magic spell that is useful to reduce electronic waste. Reduce magic spell is only effective if the inhabitants of the earth is not easy to be tempted of new electronic devices. If there is a new phone model, then used to buy them, deh. Old is still good!
2. Reuse
Jika membeli alat elektronik baru, sebaiknya alat elektronik lama dijual ke pengolola sampah. Pengelola sampah elektronik biasanya menjual kembali alat elektronik bekas. Kadang-kadang, sampah elektronik juga dipreteli bagian-bagiannya yang masih berguna.
3. Recycle
All the inhabitants of the earth have to buy an electronic device encoded Recycling. Electronic waste recycling means the code can be recycled. For example, cellular phone companies have provided the code managing electronic waste recycling. Electronic trash can be made into other useful objects.

Wanita Karir (2)

Menyambung artikel sebelumnya, melihat wanita sebagai wanita karir beserta semua kesulitan dan kerepotan membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Bagaimana sebenarnya seorang wanita menghilangkan atau sedikit nya mengurangi kerepotan dan kesulitan-kesulitan tersebut. Kita perjelas dengan merinci satu per satu solusi yang ditawarkan, diantaranya :
1. Mencari pembantu atau orang terdekat yang dipercaya untuk mengasuh anak, paling tidak memberikan kesempatan kepada si ibu untuk istirahat sebentar di rumah.
2. Membuat jadwal yang jelas dan teratur untuk membatasi waktu di rumah dan menyusun jadwal di luar rumah. lebih memprioritaskan keluarga dibanding hal-hal yang gak penting di luar rumah.
3. Peran serta suami dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Komunikasi dan kerja sama yang baik akan mengurangi perasaan kesal yang diakibatkan kerepotan-kerepotan tersebut.
4. Luangkan sedikit waktu untuk diri sendiri. Ini sangat penting, karena jika kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang akan menemukan kejenuhan sehingga perlu dibuat waktu khusus untuk mengembalikan semangat kembali.
5. Berolahragalah secara rutin. Olahraga memberikan efek rileks dan kesegaran pada tubuh setelah beraktifitas.
6. Biasakan untuk menjalin komunikasi dengan seluruh anggota keluarga
7. Mengikut sertakan anggota keluarga lain dalam mengatasi pekerjaan rumah dan menyesuaikan dengan usianya
Kekompleksan dan kerepotan itu muncul karena waktu yang tersedia untuk mengurus rumah terkadang bentrok dengan keharusan menjalankan tugas yang lain. Sehingga menimbulkan perasaan kesal dan rasa ingin marah2….
Harus ekstra sabar dalam menghadapi semuanya… ayo para ibu, jika merasa sudah maksimal tetapi merasa belum dihargai, jangan khawatir karena pahala yang Alloh berikan lebih besar dari apapun di bumi ini… 😀
Chayo Ibu….

Wanita Karir

Permasalahan timbul dimana dan kapan saja… begitu pula pada wanita… mereka menemui banyak kesulitan dalam mengatur semua kegiatan agar sesuai dengan porsinya dan dapat sejalan dengan situasi dan kondisi yang ada. Pembahasan wanita ini dikhususkan pada wanita yang bekerja sebagai kantoran ato di perusahaan2 tertentu ato mencari penghasilan di luar rumah. Permasalahan yang kerap kali muncul, antara lain :
1. Jadwal yang terlalu padat, sehingga menyita waktu dan memberikan tekanan baik mental maupun raga dalam menjalani rutinitas tersebut.
2. Kondisi keluarga yang tidak memahami betul posisi wanita sebagai ibu dan pekerja pada sebuah perusahaan.
3. Anak yang terlalu kecil untuk ditinggal2 sehingga memicu emosi dan membuat pikiran tidak tenang bahkan membuat si anak merasa di tinggalkan dan menganggap ibu tidak memperhatikan.
4. Kondisi eksternal. Seorang pengasuh anak sangat membantu dalam pengerjaan pekerjaan sehari2. ini dibuktikan dengan pembagian kerja yang jelas, sehingga pekerjaan rumah yang sifatnya umum dapat terbantu dengan adanya pengasuh tersebut.
5. Ketika pengasuh ato house keeping pulang kampung, ini akan sangat merepotkan karena yang tadinya pengerjaan rumah dilakukan bersama2, sekarang harus dikerjakan sendiri dengan waktu yang terbatas sedangkan anak belum mengerti betul situasi dan kondisi si ibu sebagai wanita yang bekerja di laur rumah alias wanita karir.
Sedikit kilasan mengenai permasalahan tersebut harus diwaspadai dan disiasati bagaimana agar semua hal tersebut tidak menjadikan bumerang bagi kelangsungan si ibu dalam menjalankan semua aktifitasnya baik di rumah maupun di luar rumah.
Untuk pembahasan mengenai solusi nya… kita sambung ke artikel selanjutnya ya…
c u next page…

Problemo


‘hidup tuh sudah sulit jangan dipersulit’, nikmati saja… salah satu penggalan yang jadi seloganku tuh, mengutip dari obrolan ringan dengan rekan2 sejawat dulu waktu zaman amburadul, hehe…
mengingat umur yang sudah semakin dewasa, cie cie, ehm… 😀 masalah juga semakin kerap datang, tapi terkadang prasangka dan fikiran yang membuat hal kecil bisa menjadi besar dan hal besar semakin membeludak..
wah banjir dah kalo dah kaya gitu, haha…
pada intinya permasalahan tuh bukan dari besar kecilnya masalah itu, tapi bagaimana hati dan pikiran mengontrolnya. tergantung pilihan, mau besar ato kecil itu bisa menjadi bahan pertimbangan. ada beberapa tips menhadapi masalah, mungkin akan sedikit membantu :
1. mencoba melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda, mungkin keputusan ato cara pandang nya terlalu subjektif dan malah membuat masalah semakin rumit dan tak terkendali
2. menelusur sumber permasalahan, ada kemungkinan masalah itu timbul hanya dari diri sendiri dan tidak dipandang masalah oleh lawan yang menjadi sumber masalah dari pikiran kita
3. mencari solusi yang tepat dengan mempertimbangan baik dan buruk nya, coba mencari solusi dengan kepala dingin dan dalam kondisi yang memungkinkan untuk bertukar pikiran satu dengan lainnya. tidak mengandalkan emosi, karena dengan emosi masalah bisa menjadi lebih besar dan malah merembet ke hal2 lain
4. jika masalah tidak kunjung selesai, coba mencari penengah. orang tua ato guru2 agama bisa menjadi jembatan penghubung dengan memberikan solusi2 ato petuah bagi para pelaku masalah tersebut
5. lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. semua masalah hanya berasal dari-Nya. oleh karenanya, bisa sangat membantu dan merupakan prioritas paling utama untuk setiap pelaku masalah (orang2 yang terlibat dengan masalah) untuk lebih mengikhlaskan semua masalah dan menyerahkan semua masalah hanya kepada-Nya. Insya Alloh perasaan dan fikiran akan lebih tenang.
Masalah tuh terkadang hanya bersumber dalam diri kita, berusahalah untuk menyampaikan perasaan dengan lebih lembut. Cara komunikasi yang baik bisa meredam emosi yang meluap2 dan terkadang bisa membuat masalah itu lenyap dengan sendirinya…
welcome to the jungle, seperti hutan yang siapa lebih kuat dia yang berkuasa, seperti itulah menyelesaikan masalah, siapa yang mampu menyesuaikan keadaan dengan masalah maka akan semakin terkendali semua masalah yang ada.
selamat menikmati hidup… semoga harimu menyenangkan.
jika ada yang punya tips and trik silahkan menambahkan..!!

Penyebab Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Mengutip dari harian umum kompas nih.. buat nambah2 informasi…

Salah satu faktor penting dalam kehamilan adalah pengaturan berat badan. Sebab, selama hamil nanti, berat badan kita akan terus bertambah. Kenaikan berat badan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:
* Cairan ketuban
Puncak volume air ketuban biasanya pada usia kehamilan 36-38 minggu. Cairan ketuban dikatakan kurang bila volumenya di bawah 500 cc.
Kekurangan (oligohidramion) atau kelebihan cairan ketuban (polihidramion) dapat dijadikan indikator terjadinya sesuatu pada janinnya; apakah karena saluran cerna, kelainan tulang belakang dan lainnya. Adanya ketidaknormalan air ketuban ini baru terjadi setelah usia kehamilan 22 minggu atau sekitar 5 bulan.
* Pembesaran organ-organ
Ukuran ketebalan dinding rahim normal 1,25 cm, panjangnya 7,5 cm dengan lebar 5 cm, berat sekitar 50-80 gram. Sementara rahim ibu hamil ketebalan dindingnya sekitar 1,5 cm, berat 900-1.000 gram, panjangnya 35 cm.
* Peningkatan jumlah cairan tubuh
Air merupakan komponen utama peningkatan berat badan selama kehamilan. Jumlah air yang teretensi pada kehamilan aterm (cukup bulan) dapat mencapai sekitar 6,5 liter. Setelah persalinan (nifas) akan terjadi penurunan berat badan sampai 2.300 gram dalam 10 hari. Penurunan berat badan ini tergantung 3 hal: jumlah cairan yang teretensi selama kehamilan, dehidrasi selama proses persalinan, dan kehilangan darah selama proses persalinan.
* Adanya perubahan metabolisme selama kehamilan
Terjadi peningkatan metabolisme sebesar 30 persen dibanding perempuan tidak hamil, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan uterus dan janin.
* Bertambahnya volume sel darah
Mulai usia kehamilan 10 minggu, volume sel darah meningkat sampai maksimal 30% pada usia kehamilan 30-32 minggu. Kemudian volume relatif stabil sampai kehamilan cukup bulan (38-40 minggu). Selain itu, terjadi pula peningkatan volume plasma (cairan darah), selama kehamilan hingga dapat mencapai maksimal sekitar 40 persen. Total peningkatan volume plasma dapat mencapai 1,3 liter.(Gazali Solahuddin/Tabloid Nakita)

Memahami Istri

Ada juga kisah imajinatif yang inspiratif….tentang ayam dan bebek.
Suatu ketika sepasang pengantin baru berjalan-jalan menikmati indahnya perkampungan yang masih belum tersentuh bising dan aroma kota. Ketika mereka bercanda, tiba-tiba terdengar suara dari kejauhan “Kuek.kuek..kuek”
“Dengar sayang, ada ayam” kata istrinya.
“bukan..bukan, itu suara bebek” kata suaminya.

“nggak, itu suara ayam” istrinya bersikeras.
“istriku..itu suara bebek, suara ayam itu bunyinya kukururyuuuuk, kalau bebek itu ya kuek..kuek..kuek, nah itu bebek sayang, bukan ayam “kata suaminya mencoba menjelaskan.
“Nggak, aku yakin itu suara ayam” kata istrinya
“Sayang, itu bebek, kamu ini..kamuuuuuuuu” suaminya agak kesal
seketika itu basahlah pipi istrinya, dia menangis sambil tersendu tapi tetap berkata.
“Aku yakin itu ayam, bukan bebek” masih kata istrinya.
Kemudian sang suami sadar tak mau ribut lagi dan berkata.
“Ya kamu benar sayang, itu suara ayam” kata suaminya bersamaan dengan suara dari kejauhan ..kuek..kuek..kuek..
Kadang seorang suami memang perlu bersikap demikian. Untuk sesuatu yang kecil dan sepele tak perlu terlalu diributkan. Yang terpenting adalah membangun keharmonisan rumah tangga. Pertikaian dan hancurnya rumah tangga seringkali terjadi karena kita meributkan hal-hal sepele. Maka dari itu, untuk mencegahnya kita perlu sesekali memahami isi hati seorang wanita yang kita cintai itu
Dan pada akhirnya, untuk menghormati dia, seorang wanita yang kita cintai, kita perlu bersikap bijaksana. Itu semua perlu dilakukan, karena wanita ingin dimengerti.

Permasalahan Wanita

Wanita dan permasalahannya…mendengar permasalahan, rasanya seperti mendengar sesuatu yang mengerikan.. padahal tidak begitu kenyataannya… sesuai dengan peribahasa yang mengatakan bahwa wanita adalah racun dunia, begitupun kompleksitasnya. banyak hal yang sulit dimengerti dan dipahami. karna wanita itu unik.. tidak serta merta seorang wanita marah dan tiba-tiba ‘manyun’ alias ‘baeud’ – dalam bahasa sunda- kalo tidak ada sebab alasan yang memicu dan mengakibatkan perubahan dalam mimik mukanya… sebenarnya tidak hanya wanita, semua orang di dunia ini unik dan tidak ada perumpamaan yang sama satu sama lain. tetapi untuk yang lain tidak akan dibahas disini, kita hanya akan membahas wanita dan segala keunikannya itu.masalah yang banyak dijumpai orang2 dan menjadi pertanyaan bagi kaum adam serta menyimpan misteri untuk mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan dan bagaimana mengatasinya. kita mulai dengan no.1 : mengapa wanita lebih sensitif dan banyak marah-marah ketika sedang menjelang menstruasi(Pre Senstruasi Syndrome)
jawabannya : Sindroma premenstruasi mungkin berhubungan dengan naik-turunnya kadar estrogen dan progesteron yang terjadi selama siklus menstruasi. perubahan hormon tersebut
menyebabkan perubahan pada suasana hati berupa – Mudah marah – Cemas- Depresi- Mudah tersinggung- Gelisah- Sebentar sedih, sebentar gembira, serta perubahan mental berupa- Kalut- Sulit berkonsentrasi- Pelupa. Informasi mengenai stress atau tekanan yang berkaitan, baik dengan pekerjaan maupun kehidupan pribadi, dapat menimbulkan gejala sindroma premenstruasi.Riwayat gangguan kesehatan sebelumnya terkadang memiliki kaitan dengan terjadinya sindroma premenstruasi. Kelainan kandungan seperti endometriosis dapat menimbulkan gejala dismenorea (nyeri ketika menstruasi). Selain itu terkadang terdapat gangguan organ lain yang memiliki gejala berkaitan dengan sindroma premenstruasi, seperti kelelahan yang dapat disebabkan oleh anemia, leukimia, (kanker darah) atau hipotiroid (kurangnya hormon tiroid di tubuh). Sakit kepala dapat berkaitan dengan gangguan di otak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan antara hormon estrogen dengan sindroma premenstruasi. Gejala sindroma premenstruasi terjadi ketika terdapat penurunan kadar hormon estrogen, yaitu setelah terjadinya ovulasi (matang dan keluarnya sel telur dari indung telur). Pada penelitian didapatkan bahwa kondisi hipoestrogen (kurangnya hormon estrogen) pada wanita menopause dapat menyebabkan suatu kondisi depresi. Wanita dengan sindroma premenstruasi memperlihatkan gejala hot flashes (perasaan hangat di seluruh tubuh yang terutama terasa pada dada dan kepala) saat premenstruasi maupun ketika kondisi menstruasi yang sebenarnya merupakan gejala yang tipikal terjadi pada wanita menopause.itulah gambaran mengenai alasan mengapa wanita sering marah2 dan cenderung lebih sensitif dibanding hari2 biasanya.. jika ada referensi lain, silahkan menambahkan…
beranjak ke no.2 : mengapa wanita hamil para trimester pertama lebih merepotkan dengan ngidam yang muntah2 dan banyak maunya?jawabannya : Penyebab yang pasti masih belum diketahui diduga karena pengaruh perubahan psikologis dan adanya pengaruh perubahan hormonal selama kehamilan. Hasil laporan menunjukkan bahwa hampir 50-90% dari wanita hamil mengalami mual pada trimester pertama (3 bulan pertama kehamilannya. Mual terhadap makanan tertentu, bahkan hanya karena mencium bau makanan tertentu saja. Setiap wanita hamil akan memiliki derajat mual yang berbeda-beda, ada yang tidak terlalu merasakan apa-apa, tapi ada juga yang merasa mual dan ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan pengobatan (hiperemesis gravidarum) Setiap wanita adalah special, dengan karakteristik tersendiri. Morning sickness walaupun disebut sebagi morning sickness bukan berarti rasa mualnya hanya terjadi di pagi hari saja, rasa mual dapat terjadi setiap saat, bisa malam, siang ataupun setiap waktu..jadi mohon dimaklumi dan tidak diberi beban yang berat dengan saling membantu satu sama lain, karna kebahagiaannya untuk bersama juga kan??! 😀 tapi jangan khawatir karena morning sickness akan berakhir pada akhir trimester pertama.. bersabarlah… jika masih ada informasi tambahan lainnya, silahkan ditambahkan juga…kemudian no.3 : mengapa wanita cenderung ingin diperhatikan dan dimanja? jawabannya :Pada wanita, terang penulis buku Mars and Venue Tigether Forever dan Mars and Venus in The Bedroom ini, kebutuhan yang mendasar wanita adalah ingin diperhatikan, dimengerti, dan dihormati. “Setiap hari wanita ingin ditakinkan secara verbal bahwa ia dicintai.” Artinya, ungkapan seperti, “Saya mencintaimu,” secara terus menerus ingin selalu didengarnya. Wanita juga ingin berbeda dari wanita lain dalam kehidupan suaminya, Sehingga, ketika hal itu tak didapatkannya, ia mulai merasa tak berharga. Tapi kalo semua terpenuhi, ia akan dengan mudah memberikan kepercayaan kepada suami. Selain itu, wanita ingin merasa didengarkan dan dipahami dengan penuh empati kala ia mengungkapkan perasaannya. Semakin terpenuhi kebutuhannya untuk didengar dan dimengerti, ia pun akan memberikan pengertian yang dibutuhkan pasangannya.Begitu juga bila pria mau mempertimbangkan pikiran-pikiran si wanita, maka ia akan memberikan penghargaan yang layak diterima suaminya. Sebab, ia merasa dihormati dengan mengakui dan mengutamakan hak-haknya, harapan serta kebutuhannya.
Untuk para pria jangan berkecil hati, ingat bahwa setiap orang unik, penerapannya diserahkan kembali kepada masing2 individu. Tetapi ada yang harus diingat dalam sebuah ikatan pernikahan. John Gray merangkumnya dalam 7 kebutuhan pasutri, yaitu: cinta, perhatian, pengertian, rasa hormat, penghargaan, penerimaan, dan kepercayaan. Semua kebutuhan itu bersifat take and give dan berlaku untuk suami maupun istri. hanya kebutuhan untuk memahami harus lebih ektra karena wanita lebih banyak menggunakan perasaan daripada logika sehingga dalam menyelesaikan berbagai permasalahanpun mengedepankan perasaan dibandingkan logika… kalo mo nambahin, boleh boleh… 😀
nomor selanjutnya bersambung ya…
c u

Kehamilan

Waspadai penyakit lupa pada wanita hamil..!! ini perlu diketahui dan dimaklumi. bahwa menurut penilitian di austaralian university, ternyata wanita hamil lebih pelupa dibanding wanita tidak hamil. itu bukanlah mitos tapi bisa dibuktikan melalui penelitian dan kuosioner yang diberikan pada wanita2 hamil..
Nah lho..!!! ini sumber nya http://health.detik.com/read/2010/03/19/153010/1321290/764/ibu-hamil-gampang-pelupa..
tapi itu bukan sebuah keharusan, hanya kecenderungan dan pada umumnya seperti itu… jadi kalo ada yang bilang, “saya tidak lho!!”
dia sebagian dari beberapa persen yang tidak.. hehe…
katanya lagi, kecerdasan seorang wanita yang pernah hamil dan melahirkan akan kembali setelah anak2 sudah besar. hm… menurut beberapa sumber, ada beberapa penyebab yang menimbulkan perubahan2 pada memori dan berakibat kelambatan dalam mengingat sesuatu. Gejalanya berupa kecanggungan, berkurangnya kecekatan, sifat pelupa yang seluruhnya terjadi pada masa kehamilan.
Pada dasarnya, Pregnancy Induced Clumsiness (PIC), yang dalam keseharian kita dianggap sebagai lemot (lemah otak), merupakan kombinasi faktor fisik dan emosional. Adapun dua masalah fisik yang secara langsung memengaruhi kelincahan dan kecekatan BuMil, yaitu:
1. jelas karena adanya perubahan ukuran dan mekanisme tubuh. Terjadinya lordosis (gangguan pada tulang belakang yang arahnya melengkung ke belakang dan mengakibatkan penderita terlihat bungkuk ke belakang) merupakan mekanisme alami pada tubuh.
Lordosis membantu BuMil ‘membawa’ perut besarnya tanpa harus terjatuh. Namun faktanya, menjaga keseimbangan tubuh bagi wanita yang tengah mengandung bukanlah hal mudah. Terutama ketika BuMil harus menaiki tangga, membawa beberapa barang atau berjalan di jalanan licin dan tidak rata.
2. plasenta mengeluarkan hormon relaxin yang berfungsi menenangkan ligemen (jaringan ikat yang menghubungkan dan mengikat ruas-ruas tulang belakang) dalam tubuh mengakibatkan terjadinya lordosis.
Hormon ini pula yang melonggarkan persendian tangan, lengan, pergelangan kaki dan lutut. Pembengkakan dan peningkatan kadar air pada tangan dan jemari pun disinyalir dapat memengaruhi indra persepsi dan ingatan. Bahkan stres dalam kehamilan konon ditujukan untuk mengaktifkan suatu enzim dalam otak. Enzim inilah penyebab terganggunya memori jangka pendek dan proses pengambilan keputusan pada BuMil.
Pada trimester ketiga, BuMil mengalami banyak perubahan fisik yang menimbulkan ketidaknyamanan dan beban psikis yang cukup besar. Memasuki minggu ke-33 kehamilan, BuMil mulai mengalami kesulitan bernafas karena gerakan bayi yang berada dibawah diafragma menekan paru-paru, sakit punggung, konstipasi, sulit tidur dan sebagainya. Keadaan ini mengakibatkan ketidaknyamanan yang akhirnya memicu timbulnya stres pada kehamilan. Selanjutnya stres dapat menyebabkan terjadinya ganggunya memori dan daya konsentrasi BuMil.
Baru-baru ini sebuah penelitian menyatakan adanya kealpaan fikiran pada wanita hamil, terutama memasuki trimester akhir. Penelitian dilakukan di Selandia Baru dan dibahas pada pertemuan ilmiah tahunan Royal Australian and New Zealand College of Obstetricians and Gynaecologist di Auckland.
Studi tersebut menunjukkan bahwa wanita hamil memiliki fungsi memori yang lebih rendah dibanding wanita yang tidak hamil, terutama yang berhubungan dengan memori auditori. Hmm… sudah jelas dan bisa maklum sekarang Moms?
Penyebab fisik dan psikis yang memicu timbulnya PIC tak dapat dicegah, karena terjadi secara natural sebagai bentuk penyesuaian tubuh terhadap kehamilan. Namun untuk meminimalisir, kami sediakan contekan untuk Moms:
– Berjalanlah perlahan, jangan tergesa-gesa atau memaksakan diri untuk membawa banyak barang sekaligus.
– Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari. Tujuannya supaya tidak ada hal yang terlewatkan dan BuMil lebih mudah mengatur aktivitas keseharian.
– Biasakan membawa notes dan langsung mencatat informasi penting bersifat verbal yang disampaikan pada Anda, agar tidak ada yang terlupakan.
– Jangan mengkhawatirkan hal-hal kecil yang membuat Moms stres. Cobalah untuk memfokuskan diri pada kesehatan Anda dan janin.
– Buatlah diri Anda bahagia dengan melakukan hal-hal yang disukai, lalu berusahalah menikmati kehamilan setiap detiknya.
– Kontrol perasaan Anda! Jangan pernah berfikir segala sesuatunya harus sempurna, terlebih menaruh harapan yang berlebihan terhadap bayi yang belum lahir.
– Tidak semua kecanggungan, sifat pelupa, kurang konsentrasi yang terjadi adalah gejala PIC. Apalagi jika diikuti dengan pusing atau keluhan fisik lainnya yang serius dan berkepanjangan. Bila hal ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda!